You are here
Home > Penerimaan CPNS Pusat > Penerimaan CPNS : Cara MenPAN-RB Cegah Jual Beli Jabatan

Penerimaan CPNS : Cara MenPAN-RB Cegah Jual Beli Jabatan

PenerimaanCPNS.net > Kali ini Admin PenerimaanCPNS.net akan membagikan informasi yang bersumber dari website KemenPAN terkait maraknya praktek jual beli jabatan di kalangan PNS dan upaya pemerintah dalam membuat sistem rekrutmen untuk jabatan tertentu agar memiliki payung hukum yang kuat.
Catatan: Bagi Anda yang ingin belajar soal-soal CPNS 2017, bisa join situs SoalCPNS.com.
Berita selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:

Kasus jual beli jabatan di Kabupaten Klaten terus didalami KPK. Temuan ini seakan menyingkap tabir kursi panas pejabat daerah yang dengan mudah mendapatkan jabatan bila sanggup membayar lebih.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan, sebenarnya sudah ada sistem rekrutmen untuk jabatan tertentu. Kalau proses ini dilalui dengan benar maka tidak ada masalah. Masalahnya, banyak pemerintah daerah yang justru belum melakukan mekanisme yang sudah diatur ini.

“Bahkan mengenyampingkan aturan itu, sehingga terjadi hal seperti itu. Sekarang tinggal pengawasan, kita punya Komisi Aparatur Sipil Negara tinggal efektivitasnya ditingkatkan lagi,” kata Asman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 17 Januari 2017.

Sampai saat ini, politikus PAN itu belum berencana membuat satgas khusus untuk menangani masalah jual beli jabatan ini. Dia menilai kasus ini masih berada di tatanan daerah. Tinggal pengawasan saja yang perlu ditingkatkan.

“Kan yang bermasalah tidak semua kabupaten kota. Jadi kalau kita lihat mungkin nanti aturan pengawasan diperketat. Pengawasan diperkuat di Komisi Aparatur Sipil Negara,” imbuh dia.

Asman menilai, sistem rekrutmen yang baik sudah berjalan di tingkat pusat. Untuk menduduki sebuah jabatan, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus melewati serangkaian tes. Barulah nanti dapat dilihat apakah dia layak menduduki jabatan itu.

“Jadi tidak ada masalah kalau di Kementerian Lembaga. Itu kan malah kalau eselon I pakai TPA, malah lebih bagus di Pusat. Tinggal pembenahan di daerah saja,” tandas Asman.

Sumber : http://menpan.go.id/2830161/cara-menpan-rb-cegah-jual-beli-jabatan?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

Top